Kota, budaya menuju peradaban baru

Bila kita beranjak dari memahami pengertian budaya, maka akan ada banyak sekali pendapat menurut para ahli. Kalau kita adalah seorang ahli juga, mungkin kita bisa berpegang pada pengertian sendiri saja. (hehe) Tapi ada baiknya kalau sekarang kita merangkum dulu dari pengertian para ahli itu, dimana budaya memperoleh definisi sebagai sesuatu yang mempengaruhi pengetahuan, meliputi sistem ide dan gagasan dalam pikiran manusia, yang dalam kehidupan sehari-hari bersifat abstrak.

Budaya berkaitan sangat erat dengan perkembangan manusia, atau peradaban. Dari sejarah kita bisa melihat bahwa kelompok yang memiliki budaya paling berkembang, menjadi komunitas yang paling maju peradabannya. Posisi peradaban paling maju pernah dipegang oleh Mesir, India, Cina, dan Eropa. Namun kini, disaat informasi hanya sejauh genggaman tangan, peradaban tidak lagi bisa dikategorikan hanya dalam suatu kelompok batas kontinen tertentu saja.

Kota, adalah bukti nyata mengapa budaya tak lagi bisa terkotak oleh wilayah. Sebagai tempat dimana lebih dari setengah jumlah semua manusia di muka bumi mengerjakan kehidupan, menariknya kota kini telah menjadi bentuk perdaban tersendiri. Kota ada dimana pun, dari khatulistiwa hingga kutub utara selatan. Keragaman yang dikandung oleh kota telah menjadi fenomena menarik, membentuk pola manusia dalam hidup, bekerja, memperoleh hiburan dan pada akhirnya mempengaruhi budaya dunia. Kota, tempat dimulai peradaban manusia selanjutnya.

Perjalanan peradaban berikutnya, Kota.
Perjalanan peradaban berikutnya, Kota.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s